You Are Reading

1

Demografi

Unknown Jumat, 15 Februari 2013
Demografi


Letak Geografis
Desa Bojongkokosan terletak antara 6o44’ - 700  lintang selatan dan 107021’ - 108021’ Bujur Timur, dengan luas wilayah 153,95 m2, yang terdiri dari 3 dusun dengan 8 Rukun Warga (RW) dan 24 Rukun Tetangga (RT). Desa Bojong kokosan memilki batas wilayah administrasi sebagai berikut :

Sebelah Utara : Desa Kompa dan Desa Pondokaso Landeuh
Sebelah Timur : Desa Cibunar Jaya
Sebelah Selatan : Desa Parungkuda
Sebelah barat  : Desa Langen sari


Aksebilitas Menuju Desa Bojongkokosan
Akses menuju desa Bojongkokosan bisa dilewati dengan jalur jalan raya Sukabumi parung Kuda. Jarak dari Parung Kuda ke Desa Bojongkokosan Berjarak 4KM, sedangkan akses dari kota Sukabumi Berjarak 34,2 KM. 


TOPOGRAFI
Desa Bojongkokosan merupakan desa yang berada di daerah lereng Gunung Kareumbi sebelah selatan, dengan ketinggian antara 500-700 m diatas permukaan laut. Sebagian besar wilayah Desa Bojongkokosan adalah kemiringan 200-450. Disebelah Barat dibatasi oleh sungai cicatih yang sekaligus menjadi batas dengan desa langensari, dan disebelah timur dengan sungai Cileuleuy yang merupakan batas administratif dengan wilayah kecamatan ciambar. 


HIDROLOGI DAN KLIMATOLOGI
Aspek Hidrologi suatu wilayah desa sangat diperlukan dalam pengendalian dan pengaturan tata air wilayah desa. Berdasarkan hidrologinya, aliran-aliran sungai diwilayah Desa Bojongkokosan membentuk pola daerah aliran sungai, tercatat beberapa sungai maupun solokan baik sekala kecil, sedang, dan besar terdapat di Desa Bojongkokosan, Seperti :
·         Sungai Citatih 
·         Sungai Cileuleuy

Disamping itu ada pula beberapa mata air yang bias digunakan sebagai sumber mata air bersih, maupun sumber air untuk pertanian. Mata air utama yang yang menghidupi masyarakat desa Bojongkokosan diantaranya:
·         Mata Air Bojonglarang 
·         Mata Air Bojong Baliung 
·         Mata Air babakan Pendeuy 


Luas dan Sebaran Penggunaan Lahan
Pada Umumnya yang terdapat di Desa Bojongkokosan digunakan secara produktif, dan hanya sedikit saja yang tidak dipergunakan. Hal ini menunjukan bahwa kawasan Desa Bojongkokosan memiliki sumber daya alam yang memadai dan siap untuk diolah. Luas lahan berupa sawah teknis seluas 50,75 ha, dan yang lainnya berupa pekarangan 4 ha dan lain-lain.

Sawah (Ha)
Darat (Ha)
teknis
½ Teknis
Tadah Hujan
Pekarangan Permukiman
Tanah Rakyat
Tanah Tegalan
Hutan Negara
Lain-lain
50,75
-
-
4
-
75,2
-
-
Tabel : 2 luas lahan menurut jenis penggunaanya


1 komentar:

Rindiani Salsabila mengatakan...

Halo, selamat pagi, boleh tanya ini sumbernya dari mana? Dari buku, jurnal atau apa ya?

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Desa Bojongkokosan