You Are Reading

0

Keadaan Ekonomi

Bojong Kokosan Sabtu, 16 Februari 2013


Pajak dan Retribusi Desa
Pajak dan Retribusi Desa Bojongkokosan Tahun 2010 mengalami peningkatan dari pada tahun sebelumnya. Penerimaan pajak dan retribusi desa pada tahun 2010 sebesar 48.481.574,- untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada table dibawah ini.

No
Uraian
2008
2009
2010
1
Pajak Desa


47.481.574
2
Retribusi Desa
500.000
750.000
1.000.000
3
Lain-lain



Jumlah



Tabel : 13 Pajak dan Retribusi Desa Bojongkokosan


Prasarana dan Sarana Sosial Ekonomi
Pada umumnya jenis sarana social ekonomi masyrakat Desa bojongkokosan berupa usaha perdagangan, terutama warung kebutuhan rumah tangga sehari-hari yang berskala kecil sekali.

Adapun jumlah warung yang menjual kebutuhan sehari-hari di Desa Bojongkokosan sebanyak 100 buah. Sedangkan jumlah penduduk yang memiliki mata pencaharian sebagai karyawan pabrik sebanyak 700 orang, 7,3% dari jumlah penduduk Desa Bojongkokosan.


Transfortasi dan Perhubungan
Panjang jalan di Desa Bojongkokosan pada tahun 2010 sepanjang 6km, yang terdiri dari atas jalan kabupatem 2,1 Km, serta jalan sepanjang 3,5Km.


Telekomunikasi dan Informasi
Penggunaan jaringan komunikasi di Desa Bojongkokosan khususnya sambunga telepon telah ada, walaupun masih terbatas disekitar wilayah dusun I (Pusat Pedesaan). Jumlah sambungan yang ada (konsumen) yang menggunkan jasa telepon rumah baru mencapai 15 SST/Rumah.
Selanjutnya jasa PT.POS Indonesia amat membantu mobilisasi komunikasi dan distribusi barang dan jasa pos, sehingga transaksi bisnis maupun jasa yang diperlukan masyarakat semakin mudah dijangkau.


Pengairan dan Keirigasian
Penanganan keirigasian diarahkan dalam rangka memenuhi kebutuhan para petani sawag dan kolam air tawar, maupun tanaman palawija. Kondisi jaringan irigasi Desa Bojongkokosan kondisinya sangat memperihatinkan, mengingat hanya pada musim hujan saja jaringan irigasi ini bias maksimal, sedangkan pada musim kemarau tidak ada airnya, juga didukung dengan rusaknya saluran irigasi di desa bojongkokosan sebagai akibat dari terjadinya pendangkalan sal;uran air. Hal lain diperparah oleh menurunyya produksi air dari hutan akibat terjadinya pembakalan hutan yang tidak terkendali lagi, ditunjang oleh kurangnya pengawasan dari pihak terkait (Kehutanan, KSDA, dll).


Drainase
Drainase makro sebagian besar dialirkan ke sungai citatih dan sungai Cileuleuy, yang akhirnya bermuara dan merupakan rangkaian dari DAS Citatih


Air Bersih
Penduduk Desa Bojongkokosan sebagian besar masih menggunakan mata air konvensional (Non PAM), dan hanya sebagian kecil saja rumah tangga yang menggunakan jasa PAM desa atau sekitar = 30% sedangkan yang menggunakan sumur pompa sebanyak = 30% rumah tangga, sumur gali = 30% rumah tangga, fasilitas air minum (bersama-sama) = 10% rumah tangga.

No
Jenis Sumber Air Bersih Yang Digunakan Masyarakat
Jumlah rumah Tangga Pengguna
Persentase (%)
1
PAM
390
30
2
Sumur Pompa
390
30
3
Artesis
_
_
4
Sumur Gali
390
30
5
Fasilitas Air Bersama
130
10
6
Kali/Sungai
-
-
Tabel : 14 Jenis Sumber Air Bersih yang digunakan Masyrakat Desa Bojongkokosan
Air Limbah
Sistem pembuangan limbah domestic di desa bojongkokosan selain menggunakan jamban keluarga berupa septictank/cubluk, juga memanfaatkan sungai dan kolam, dan pembuangan langsung kesaluran drainase yang ada. Sebagian besar masyarakat Desa Bojongkokosan membuang limbah Domestik melalui saluran septictank.


Energi
Pada umumnya masyarakat desa Bojongkokosan sudah ahampir 90% terpasang saluran Listrik. Mengingat sudah sampai kesetiap RW Desa Bojongkokosan, hanya masih ada beberapa rumah tangga yang belum tersambung, karena kenda;a factor ekonomi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Desa Bojongkokosan